Mekanisme karbohidrat

Enzim gliserokinase mengkatalisis reaksi: Glikogen serupa dengan amilopektin. Reaksi ini dikatalisis enzim galaktosa 1-fosfat uridil transferase, galaktosa menggantikan tempat glukosa. Kandungan glukosa pada pati bisa mencapai unit.

Fungsi sekunder dari karbohidrat adalah sebagai cadangan energi jangka menengah pati untuk tumbuhan dan glikogen untuk hewan dan manusia. Gambar 13 me-nunjukkan proses glikolisis secara keselurhan. Akan tetapi manusia, primata dan guinea pig tidak bisa membuat asam askorbat.

Pada manusia, guinea pig dan sapi PEP karboksikinase terdapat di dalam dan di luar mitokhondria. Salah satu contoh dari kategori ini adalah sintesis protein. Lintasan metabolisme dapat digolongkan menjadi 3 kategori: Lihat panduan penerjemahan Wikipedia. Perubahan asam laktat menjadi glukosa Untuk mengubah asam laktat menjadi glukosa dapat dilihat pada diagram gambar Glukosa merupakan karbohidrat terpenting.

Struktur selulosa yang merupakan polimer dari glukosa bandingkan dengan pati Karbohidrat-karbohidrat lain Beberapa karbohidrat bergabung dengan komponen lain. Atom C nomor 1 yang tak berikatan dengan glukosa lain dalam posisi beta 2.

Di sitoplasma malat diubah kembali menjadi oksaloasetat. Selanjutnya, dengan fosfoglukomutase, glukosa 6-fosfat mengalami reaksi isomerasi menjadi glukosa 1-fosfat. Suatu penyakit yang dapat diturunkan menyebabkan galaktosemia, mungkin terjadi akibat kekurangan enzim-enzim pada reaksi 12 dan 3.

Juga disebut jalur metabolisme Emden-Meyergoff dan sering diartikan pula sebagai penguraian glukosa menjadi piruvat.

Metabolisme karbohidrat

Glikogenesis adalah poses pembentukan glikogen dari glukosa. Tahap reaksi berikutnya adalah pembentukan glukosa dari glukosa 6-fosfat. Seperti halnya reaksi dengan glukokinase reaksi tahap pertama dan fosfofruktokinase reaksi tahap ketigareaksi dengan piruvat kinase ini juga merupakan reaksi yang tidak reversibel, sehingga merupakan salah satu tahap reaksi pendorong glikolisis.

Di dalam hati, monosakarida mengalami sintesis menghasilkan glikogen, oksidasi menjadi CO 2 dan H 2O atau dilepaskan untuk dibawa dengan aliran darah kebagian tubuh yang memerlukannya sebagaimana digambarkan sbb Gambaran Umum Metabolisme Karbohidrat: Karbohidrat adalah senyawa karbon yang mengandung sejumlah besar gugus hidroksil.

Setiap molekul monosakarida bisa membentuk senyawa disakaridacontohnya sukrosaataupun senyawa polisakarida yang lebih panjang, contohnya pati and selulosa. Pada diagram dapat juga kita lihat reaksi-reaksi yang diperlukan untuk mengubah gliserol dan asam-asam amino glukogenik menjadi glukosa.

Selanjutnya piruvat bereaksi dengan CO 2 menghasilkan asam oksalasetat. Sedang enzim yang mengkatalisnya adalah glukokinase. Artikel ini membutuhkan lebih banyak catatan kaki untuk pemastian.Karbohidrat tersusun atas karbon, oksigen, dan hydrogen.

Secara umum, tapi tidak selalu, hydrogen dan oksigen dalam karbohidrat dengan perbandingan dua atom hydrogen dan satu atom oksigen yaitu sebagai molekul air (H 2 O), karena inilah diperoleh kata. Karbohidrat dapat dikelompokkan menurut jumlah unit gula, ukuran dari rantai karbon, lokasi gugus karbonil (-C=O), serta stereokimia.

Berdasarkan jumlah unit gula dalam rantai, karbohidrat digolongkan menjadi 4 golongan. Karbohidrat-karbohidrat lain Beberapa karbohidrat bergabung dengan komponen lain. Sebagai contoh adalah mukopolisakarida, suatu materi tipis, kental, menyerupai jelly dan melapisi sel.

Mekanisme reaksi glikogenesis juga merupakan jalur metabolisme umum untuk biosintesis disakarida dan polisakarida. Dalam berbagai tumbuhan seperti tanaman tebu, disakarida sukrosa dihasilkan dari glukosa dan fruktosa melalui mekanisme biosintesis tersebut.

Mekanisme Karbohidrat.ppt

Scribd is the world's largest social reading and publishing site. Metabolisme karbohidrat adalah proses kimia yang berlangsung dalam tubuh makhluk hidup untuk mengolah karbohidrat, baik itu reaksi pemecahan (katabolisme) maupun reaksi pembentukan.

Mekanisme karbohidrat
Rated 3/5 based on 29 review